You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Embung Kandong
Desa Embung Kandong

Kec. Terara, Kab. Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Desa Embung Kandong Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur

WISATA EMBUNG KANDONG

NURDIN 03 April 2019 Dibaca 529 Kali
WISATA EMBUNG KANDONG

Desa embung kandong merupakan desa baru dari pemekaran desa rarang selatan. Desa embung kandong berbatasan langsung dengan kabupaten Lombok tengah (sebeleh barat), desa raring selatan (utara), desa rarang batas (selatan), dan desa suradadi (timur). Desa embung kandong memiliki daerah yang sangat strategis karena menjadi batas kabupaten langsung antara Lombok timur dan Lombok tengah. Desa embung kandong merupakan daerah tadah hujan sehingga petani bergantung pada irigasi penampungan air (embung).

Embung merupakan penampung air selama musim hujan sehingga dapat di manfaatkan pada musim kemarau. Embung adalah tulang punggung irigasi didesa embung kandong pada musim kemarau karena sebagian besar penduduk merupakan petani tembakau. Desa embung kandong terkenal dengan kualitas tanahnya yang paling baik untuk pengembangan tembakau Virginia, makanya tidak heran jika sebagian besar masyarakat menanam tembakau serta mengoven tembakau. Hamper diseluruh kampong yang ada di desa embung kandong terdapat bangunan tinggi menjulang sekitar 15 m yaitu bangunan oven tembakau.

Embung sebagai sumber penampungan air bagi pertanian memiliki daya tarik tersendiri dan menumbuhkan adat istiadat masyarakat setempat. Embung kandong dibangun pada tahun 1975 dan diresmikan langsung oleh presiden soeharto. Embung kandong bagaikan lautan kecil yang membentang seluas 50 ha didesa embung kandong, panorama alam yang ditawarkan sungguh mengagumkan menandai kewibawaan alam dan kelestarian lingkungan, mapu menghidupi hamper 500 kepala keluarga di desa embung kandong. Embung kandong sebagai symbol kokohnya pertanian dipedesaan khususnya desa embung kandong. Rakyat kecil yang ada dibawahnya senantiasa mengharapkan keberkahan dengan adanya embung ini. Sebagai wujud rasa syukur atas adanya embung kandong masyarakat setempat melestarikanya dan memanfaatkanya dengan membudidaya ikan air tawar didalamnya untuk pembangunan masjid Al-Istiqomah yang ada di Dusun tampih desa embung kandong.

Embung kandong memiliki beberapa keunikan yaitu diantaranya:

  1. Pulau kecil ditengah lautan kecil

Panorama menarik di embung kandong adalah pulau kecil yang berada di tengah embung. Pulau kecil ini hanya memiliki luas sekitar 1 ha dan dihuni oleh 5 orang kepala keluarga.  Pulau kecil tersebut dikelilingi oleh pohon bamboo sehingga dari luar tidak tampak ada perumahan warga.

  1. Symbol persatuan warga

Embung kandong dimanfaatkan sebagai tempat budidaya ikan air tawar oleh masyarakat setempat khususnya masyarakat dusun tampih. Keberadaan embung kandong seolah menarik masyarakat untu bersatu, karena budidaya ikan air tawar ini dilakukan bukan untuk kepentingan individu melainkan untuk kepentingan operasional maupun pembangunan masjid al-istiqomah.

  1. Mancing raya

Mancing ikan merupakan tradisi rutinan warga embung kandong, setiap panen hasil ikan selalu digelar  acara mancing bersama sebagai ajang kebersamaan warga. Acara mancing bersama digelar dengan menggunakan tiket sebagai syarat boleh memancing, dan hasil penjualan tiket diperuntukkan untuk operasional masjid dan pembangunan masjid Al-istiqomah.

  1. Pantai kecil

Embung kandong bagaikan lautan kecil dengan deburan ombak kecilnya. Karena derasnya angin di daerah embung membuatair terlihat seperti ombak-ombak dipinggir embung. Ini merupakan daya tarik yang sangat mengesankan bagi penikmat keindahannya.

Memiliki latar belakang yang khas dengan keunikan budaya serta adat istiadat masyarakat setempat. Cirri khas dari desa embung kandong adalah karena adanya sebuah waduk atau disebut embung dalam bahasa sasak yaitu kandong. Embung ini persis berada di depan kantor desa dengan luas sekitar 20 ha.

Embung kandong merupakan sumber irigasi untuk pertanian didesa embung kandong. Budaya setempat yang unik dalam memaanfaatkan embung kandong yaitu pada pemeliharaan ikan embung. Embung kandong dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar namun hasilnya tidak diambil oleh masyarakat melainkan diperuntukkan untuk masjid. Budidaya ini tidak dilakukan secara individu namun semua masyarakat harus ambil bagian didalamnya.

Pada waktu penangkapan ikan selalu menjadi acara yang dinantikan warga yaitu acara mancing bersama seluruh warga. Ikan yang didapatkan nantinya harus dibeli pada panitia masjid dan ini semua dilakukan secara suka rela. Nilai kebersamaan merupakan semboyan yang paling utama dalam masyarakat embung kandong. Selain itu desa embung kandong memiliki daya tarik yang lainnya yaitu pada kondisi kampong penduduk yang di kelilingi pohon bambu. Setiap kampong memiliki cirri khas dikelilingi oleh sebagian besar pohon bambu, sehingga dari luar terlihat seperti hutan bambu tapi didalamnya ada pemukiman warga.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image